Belajar ilmu dasar akuntansi dan akuntansi lanjutan.

CHANNEL YOUTUBE

Proses Pengendalian Manajemen Sektor Publik

Proses Pengendalian Manajemen Sektor Publik
Proses Pengendalian Manajemen Sektor Publik
Proses pengendalian manajemen pada organisasi sektor publik dapat dilakukan dengan menggunakan saluran komunikasi formal maupun informal. Saluran komunikasi formal yang meliputi aktivitas formal; (1) perumusan strategi, (2) perencanaan strategi, (3) penganggaran, (4) operasional/ pelaksanaan anggaran, dan (5) evaluasi kinerja. Saluran komunikasi informal dapat dilakukan melalui komunikasi langsung, pertemuan informal, diskusi, atau melalui metode management by walking around.
Sistem pengendalian manajemen suatu organisasi dirancang untuk mempengaruhi orang-orang dalam organisasi tersebut agar berperilaku sesuai dengan tujuan organisasi. Pengendalian organisasi dapat berupa aturan dan prosedur birokrasi atau melalui sistem pengendalian dan manajemen informasi yang dirancang secara formal. Sistem pengendalian manajemen hendaknya dapat menjadi jembatan dalam mewujudkan adanya goal congruence, yaitu keselarasan antara tujaun organisasi dengan tujuan personal.

Faktor-faktor yang mempengaruhi goal congruence tersebut dapat dikategorikan dalam dua kelompok, yaitu faktor pengendalian formal misalnya, sistem pengendalian manajemen, sistem aturan (rules of games), dan rewad and punishment system. Sementara pengendalian informal terdiri atas faktor eksternal, misalnya etos kerja dan loyalitas karyawan dan faktor internal, misalnya kultur organisasi, gaya manajemen dan gaya komunikasi.
0 Komentar untuk "Proses Pengendalian Manajemen Sektor Publik"

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar !!!

Powered by Blogger.
Back To Top