Belajar ilmu dasar akuntansi dan akuntansi lanjutan.

CHANNEL YOUTUBE

Pemberian Informasi Biaya

Peran Akuntansi Manajemen Sektor Publik Pemberian Informasi Biaya
Biaya (cost) dalam konteks organisasi sektor publik dapat dikatagorikan:
a.         Biaya input adalah sumberdaya yang dikorbankan untuk memebrikan pelayanan, biaya input dapat berupa biaya tenaga kerja dan biaya bahan baku.
b.        Biaya output adalah biaya yang dikeluarkan untuk menghantarkan produk hingga samoai ketangan pelanggan. Pada organisasi sektor publik output diukur dengan bebagai cara tergabtung pada pelayanan yang dihasilkan. Sebagai missal untuk perusahaan transportasi massa, biaya mungkin diukur berdasarkan biaya per penumpang.
c.         Biaya proses, dapat dipisahkan berdasarkan fungsi organisasi. Biaya diukur dengan mempertimbangkan fungsi oragnisasi, misalnya biaya departyemen produksi, departemen personalia, baiya dinas-dinas, dan sebagainya.
Akuntansi manajemen sektor publik memiliki peran yang strategis, dalam perencanaan financial terkait dengan identifikasi biaya-biaya yang terjadi. Dalam hal ini, akuntansi manajemen sektor publik membutuhkan cost accounting untuk pengambilan keputusan biaya. Akuntansi biaya pada sektor publik berperan untuk memberikan informasi mengenai pengeluaran publik yang dapat digunakan oleh pihak internal (pemerintah) dan pihak eksternal (masyarakat, DPRD, LSM, Universitas, dan sebagainya) untuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Peran akuntansi manajemen dalam pemberian informasi biaya meliputi penentuan klasifikasi biaya, misal biaya apa yang masuk katagori biaya rutin (recurrent expenditure) dan yang masuk kategori biaya modal (capital expenditure) controllable dan uncontrollable, biaya tetap dan variabel, dan sebagainya. Informasi akuntansi manajmen diharapkan dapat membantu manajer publik dalam menentukan dan melaporkan biaya.
Proses penentuan biaya meliputi lima aktivitas, yaitu:
a.        Cost finding, tahap ini pemerintah mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk/jasa pelayanan.
b.        Cost recording, setelah dilakukan cost finding, tahap berikutnya adalah melakukan cost recording yang meliputi kegiatan pencatatan data ke sistem akuntansi organisasi.
c.         Cost analyzing, setelah dilakukan pencatatan biaya, tahap berikutnya adalah melakukan analisis biaya, yaitu mengidentifikasi jenis dan perilakau biaya, perubahan biaya, dan volume kegiatan. Manajemen organisasi harus dapat menentukan pemicu biaya (cost driver) agar dilakukan strategi efisensi biaya.
d.        Strategic cost management, selanjutnya dilakukan analisis biaya, tahap berikutnya adalah menentukan strategi penghematan biaya agar tercapai value for money. Pendekatan strategik dalam pengurangan biaya (manajemen biaya strategik) memiliki karakteristik yang meliputi; (1) berjangka panjang. Manajemen biaya strategik merupakan usaha jangka panjang yang membentuk kultur organisasi agar penurunan biaya menjadi budaya yang mampu bertahan lama, (2) berdasarkan kultur perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) dan berfokus pada pelayanan masyarakat. Manajemen biaya strategik harus dilandasi oleh semangat untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan atas kinerja organisasi sektor publik dalam pelayanan publik, (3) manajemen harus bersifat proaktif dalam melakukan penghematan biaya, (4) keseriusan manajemen puncak merupakan penentu efektivitas program pengurangan baiaya karena pada dasarnya manajemen biaya strategik merupakan tone from the top.

e.         Cost reporting, tahap terakhir memberikan informasi biaya secara lengkap kepada pimpinan dalam bentuk internal report yang kemudian diagregasikan ke dalam satu laporan yang akan disampaikan kepada pihak eksternal. Informasi akuntansi manajemen hendaknya dapat mendeteksi sumber pemborosan yang masih berpotensi unyuk diefisiensikan sera mencari metoda atau teknik untuk menghemat biaya. Akuntansi manajemen hendaknya dapat mendukung dan memperkuat pelaksanaan prinsip value  for money dan public accountanbility organisasi sektor publik.
0 Komentar untuk "Pemberian Informasi Biaya"

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar !!!

Powered by Blogger.
Back To Top